Langkah Maju Pengobatan HIV/AIDS (4)

Penyuluhan

Apa yang dilakukan Roche dan lembaga-lembaga serupa memang mulia. Misinya tidak hanya berorientasi keuntungan, tetapi juga karena kemanusiaan.

Hanya tetap kurang lengkap bila tidak diiringi dengan kegiatan yang sifatnya normatif sosial religius. Untuk itu, Kepala Direktorat Pemberantasan Penyakit Menular Langsung Depkes Abdul Manaf menekankan hal ini. Manurutnya, strategi nasional untuk mencegah penularan HIV/AIDS melalui penyuluhan juga sangat diperlukan.

Abdul Manaf mengatakan, isi penyuluhan bisa apa saja, asalkan tujuannya agar setiap orang tetap berada dan kembali pada jalan yang benar. Misalnya menyarankan setiap orang agar tidak melakukan kontak seksual secara bebas, sebab 80% penderita tertular melalui hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan, khususnya dengan pengidap HIV/AIDS.

Kegiatan yang bersifat teknis pun juga dilakukan Pemerintah. Sampai saat ini pemerintah masih aktif memeriksa darah pendonor di Palang Merah Indonesia (PMI). Tujuannya agar darah yang mengandung HIV+ dan Hepatitis bisa cepat dibuang, sehingga darah yang ada di PMI aman untuk didonorkan kepada pasien yang membutuhkan.

Abdul Muluk menginformasikan, Depkes juga menyebarkan buku pedoman perawatan penderita HIV/AIDS baik untuk keluarga, petugas rumah sakit, serta cara pemakaman jenazah pengidap HIV/AIDS. Hal ini bertujuan agar segala cairan dan darah penderita tidak akan menular kepada mereka yang belum terkena virus HIV. …. Tamat…(Awi Wiyono, tulisan ini dimuat Harian Ekonomi Neraca,28 Oktober 1997).

Tulisan saya ini berhasil menjadi juara pertama dalam Lomba Penulisan Artikel bertema Terobosan Penelitian dan Pengembangan Roche dalam Pengobatan AIDS yang digelar pada 27 Februari 1998 di Jakarta. Dewan juri Lomba Penulisan Artikel ini adalah Dr Sjamsuridjal Djauzi (Yayasan Pelita Ilmu), Marah Sakti Siregar (PWI Jaya), dan dr Syafrizal Muluk (PT Roche Indonesia). Saya mendapat hadiah uang tunai Rp7000.000,



Ayo Menulis..!
Tulisan Anda
bisa juga jadi pemenang.


Ikuti tips & strateginya,
klik banner di bawah ini:


Pilihan Tepat Penulis Hebat

Jika Anda berpikir bisa,
Anda bisa menjadi penulis hebat!


0 comments:

Post a Comment