Langkah Maju Pengobatan HIV/AIDS (3)


Terobosan dari Roche


Banyak perusahaan farmasi di dunia yang peduli dan selalu berupaya untuk memproduksi obat HIV/AIDS. Salah satunya adalah F. Hoffman La Roche, perusahaan yang bergerak di bidang perawatan kesehatan yang berpusat di Basel Swiss. Perusahaan yang berdiri sejak 1 Oktober 1896 ini kini sedang melakukan terobosan bioteknologi dalam terapi HIV/AIDS.

Menurut Presiden Direktur Roche Indonesia, Tuygan Gocker, Roche bekerja sama dengan universitas-universitas ternama seperti Universitas Hospital Hamburg Eppenndnort, mulai melakukan riset dan penelitian, serta pengujian sejak 1986.

Hasilnya, pada tahun 1992 Hivid, obat untuk mengurangi replikasi virus HIV, berhasil diperkenalkan untuk pertama kali di Amerika Serikat.

Selain Hivid, kata Gocker, Roche juga meluncurkan serangkaian produk yang dipergunakan untuk mengatasi AIDS, antara lain Invirase, Fortovase, Cymvene, Roferon A, dan Neupogen. Dalam bidang diagnostic, Roche juga menemukan Polymerase Chain Reaction.

Ada yang lebih up to date lagi, yakni studi klinis SV-14604 yang diikuti oleh 3.485 pasien dari 22 negara. Uji coba ini dimulai pada Agustus 1994 dan berakhir Januari 1997. Hasilnya, pasien yang mendapatkan kombinasi pengobatan triple dari Invirase, Hivid, dan AZT hanya 76 yang akhirnya terkena AIDS. Sementara pasien yang hanya mendapatkan ddc dan AZT, 142 diantaranya terkena AIDS.

Hasil dari studi klinis ini akan diajukan kepada lembaga regulatori untuk memperbaharui label produk Invirase. Gocker mengungkapkan, untuk terobosan proyek AIDS ini, Roche yang berdiri di Indonesia sejak tahun 1972 ini membuat anggaran 25% dari hasil penjualan produk-produknya…bersambung…(Awi Wiyono, tulisan ini dimuat Harian Ekonomi Neraca, 28 Oktober 1997).

Tulisan saya ini berhasil menjadi juara pertama dalam Lomba Penulisan Artikel bertema Terobosan Penelitian dan Pengembangan Roche dalam Pengobatan AIDS yang digelar pada 27 Februari 1998 di Jakarta. Dewan juri Lomba Penulisan Artikel ini adalah Dr Sjamsuridjal Djauzi (Yayasan Pelita Ilmu), Marah Sakti Siregar (PWI Jaya), dan dr Syafrizal Muluk (PT Roche Indonesia). Saya mendapat hadiah uang tunai Rp7000.000,



Ayo Menulis..!
Tulisan Anda
Bisa juga juara.


Ikuti tips & strateginya,
klik banner di bawah ini:


Pilihan Tepat Penulis Hebat

Jika Anda berpikir bisa,
Anda bisa menjadi penulis hebat!


0 comments:

Post a Comment