Cegah Kecurangan SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2010 digelar pada 16-17 Juni. Jutaan bakal calon mahasiswa dipastikan mengikuti ujian untuk mendapatkan satu kursi di universitas favorit. 

Saya berharap pelaksanaan SNMPTN tahun ini berjalan lancar. Meski harapan ini sering berakhir kehampaan. Seperti sudah mentradisi, SNMPTN selalu diwarnai kecurangan oleh orang-orang egois. Selalu ada calon mahasiswa yang bersaing tidak fair dengan memanfaatkan jasa joki saat mengikuti ujian SNMPTN. 

Untungnya, sebagian kecurangan ini bisa digagalkan. Ingat kasus tahun lalu, Kepolisian Wilayah Kota Besar Makasar, Sulawesi Selatan, berhasil menangkap sedikitnya 12 calon mahasiswa pengguna joki dan 14 orang joki saat mengikuti ujian SNMPTN di Universitas Hasanudin (Unhas).

Mengapa Perempuan Tak Pilih Capres Perempuan?

Tiga Calon Presiden (Capres) RI, Megawati Soekarnoputri (Megawati), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla (JK) telah menyelesaikan kampanye untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tanggal 8 Juli 2009. Visi dan misi ketiganya hampir sama, yakni sama-sama untuk kepentingan kemajuan rakyat dan bangsa Indonesia. Kini giliran rakyat untuk menentukan siapa pemenangnya.  

Namun ternyata, tidak mudah memilih Presiden yang akan memimpin negeri ini hingga tahun 2014. Pertentangan antara rasionalitas dan emosionalitas sering menyulitkan dalam menemukan alasan yang tepat untuk menentukan pilihan. Selalu ada kekhawatiran saat mulai mempercayai janji-janji ketiga Capres. Akhirnya, hanya hati nurani yang mampu mengarahkan rakyat menjadi pemilih idealis ataukah pragmatis.

Minimalisasi Dampak TV Terhadap Anak (2)

Dampak Televisi Terhadap Anak

Menonton acara televisi sebenarnya boleh dan baik-baik saja bagi anak-anak, remaja dan orang dewasa. Asalkan aktivitas menonton TV tersebut tidak dilakukan secara berlebihan, acara yang ditonton sesuai dengan usia, dan khusus bagi anak-anak harus ada kontrol/pengawasan dari orang tua.

Namun dalam kenyataan, sebagian besar anak-anak menonton TV secara berlebihan, bahkan sangat ketergantungan (menyandu). Ketergantungan pada TV ini tentu menjadi masalah karena:

Minimalisasi Dampak TV Terhadap Anak

Hubungan anak-anak dan televisi (TV) selalu menjadi realitas yang menyita perhatian masyarakat. Akselerasi yang ditawarkan TV bersama format dan formasi program siarannya berpengaruh langsung pada akselerasi tingkat kecerdasan, kreativitas, sosialisasi, dan pemaknaan nilai budaya pada diri anak-anak. Singkatnya, eksistensi TV telah jauh mengintervensi proses konsep diri dan pertumbuhan kepribadian anak-anak.

Fenomena ini dapat dicermati saat TV berhasil mengusik atau bahkan menggeser peran guru. Guru tidak lagi dianggap ”dewa” pengetahuan dan sumber ilmu. Anak-anak terpikat dan merasa lebih nyaman belajar pada media audiovisual ini. Padahal, orang tua masih sangat mengharapkan peran guru yang seutuhnya untuk mendidik putra putrinya.

TV Nasional: Bisnis Hiburan Yang Memaksakan Diri (2)

Realitas Tontonan
Pertanyaannya kemudian adalah sebenarnya realitas siaran macam yang ditawarkan TV nasional kita? Menanggapi realitas budaya pertelevisian nasional yang diujungtombaki oleh masyarakat pekerja TV ini, dosen Fakultas Sastra UI Tommy F. Awuy pernah mengatakan bahwa motif imaji estetik telah menjadi sebuah kultur dominan dari dunia informasi, mendepak rasionalitas yang memilah-milah setiap wilayah kehidupan.

Sehingga, keindahan, kesenangan, dan prestise merupakan unsur yang sangat penting untuk dimiliki, dan kesemuanya itu jelas merupakan citra imajinatif. Logikanya cenderung mengacu pada kebutuhan selera bermain (game) yang mengedepankan nuansa puitika daripada politis.